Penandatangan LoI dilakukan oleh Pimpinan Umum MINA News Arief Rahman dan Chairperson Rti Cheryl Lai/Ist
Penandatangan LoI dilakukan oleh Pimpinan Umum MINA News Arief Rahman dan Chairperson Rti Cheryl Lai/Ist
KOMENTAR

DELEGASI rombongan Rti yang tengah menggelar serangkaian kegiatan di Indonesia, pada Senin (5/6) juga berkunjung ke Kantor Berita MINA di Gedung MER-C, Jakarta Pusat. Ini adalah kunjungan perdana, di mana rombongan delegasi Rti dipimpin langsung oleh Chairperson Cheryl Lai, dengan disertai Anggota Dewan Direksi Rti Chang Cheng-yang, Manager of International Language Department Carlson Wong, Senior Consultant Tony Thamsir, Koordinator Bahasa Indonesia Farini Anwar, Jurnalis Lin Yung-ching, dan Penyiar Rti Bahasa Indonesia Amina Tjandra. Selain itu juga hadir Sekretaris Utama Taipei Economic and Trade Office Morgan Yang.

Selain melakukan kunjungan, Radio Taiwan International juga menandatangani Letter of Intent (LoI) dengan Kantor Berita MINA. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Pemimpin Umum Kantor Berita MINA Arief Rahman dan Chairperson Rti Cheryl Lai.

Dalam sambutannya Arief menyampaikan, ia berharap kerja sama dengan radio nirlaba milik pemerintah Taiwan itu dapat membawa hubungan yang semakin erat antara Indonesia dengan Taiwan, serta dapat semakin menyebarluaskan informasi melalui kedua media tersebut.

Saat melakukan pertukaran pandangan dan informasi, pihak Kantor Berita MINA juga menjelaskan mengenai tim pertolongan kemanusiaan yang juga dilakukan di berbagai lokasi liputan.

Cheryl Lai tampak kagum dan terharu, karena mampu membersamai antara meliput berita dan memberikan pertolongan kemanusiaan.

“Ini adalah sebuah hal yang sangat luar biasa, karena membutuhkan pelatihan dan bimbingan khusus dalam menyikapi kondisi yang tengah dihadapi oleh para jurnalis yang mungkin saja berada dalam situasi bencana atau perang. Selain meliput, Kantor Berita MINA ternyata juga bekerja sama dengan MER-C, yang juga turut memberikan pertolongan kemanusiaan bagi yang membutuhkan. Ini patut diberikan apresiasi yang tinggi,” ujar Cheryl Lai.

Memang, para wartawan yang akan diutus ke lokasi liputan mendapatkan pelatihan khusus memberikan pertolongan terhadap korban bencana, termasuk juga CPR dan pembalutan luka singkat di tengah kondisi yang mendesak.

Berkenaan dengan hubungan kerja sama yang dijalin antara Rti dan MINA, maka secara resmi berbagai jenis pertukaran informasi dan berita di antara kedua belah pihak mulai berjalan.

Selain menyampaikan informasi terkini perihal Taiwan melalui siaran gelombang SW, RTISI juga terus berinovasi menggunakan layanan internet dan media sosial untuk memperluas jangkauannya, misal melalui Facebook, aplikasi seluler dan podcast.




Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Sebelumnya

Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo, Suguhkan Langit Cappadocia Khas Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon